Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)

By Imawati A. Wardhani - Januari 24, 2020


Salah satu hobi yang saat ini sedang kutekuni adalah menulis. Sebenarnya sudah sejak lama aku suka dengan kegiatan ini, ketika masih dibangku sekolah beberapa kali aku mengikuti lomba menulis hingga ke tingkat provinsi dan nasional. Pencapaian terbesarku dalam mengikuti lomba menulis adalah saat meraih juara 2 diacara Hari AIDS sedunia yang diadakan oleh KemenKes, aku masih duduk dikelas XI Sekolah Menengah Atas kala itu. Bahagia sekali ya rasanya bisa meraih penghargaan skala nasional dari hobi menulis ini.

Bertahun-tahun kemudian hobi menulisku ini mulai on-off. Aku sudah membuat blog sejak tahun 2010, namun kontennya bolong-bolong malah hampir tidak pernah terisi hingga laba-laba pun bersarang diblog ini. Sebenarnya aku memiliki platform menulis lain yaitu tumblr. tapi kebanyakan isinya hanya kegalauan masa remaja yang rasanya tiada berakhir. Hingga akhirnya ada isu-isu mengenai penutupan platform tumblr. dan berujung pada tidak bisa dibukanya akun tumblr. ku. "Wah! Kayaknya beneran dibanned nih, harus cari platform menulis lain," pikirku saat itu. Tiba-tiba aku teringat pada platform  Blogger ku yang sudah lama tidak tersentuh. Daripada membuat akun baru diplatform baru, sudahlah kuputuskan untuk mengurus dan merawat akun maeshardha.blogspot.com ini dengan lebih baik.

Minat menulisku kembali naik ketika aku sudah menyelesaikan studi dan resign dari pekerjaanku. Saat sudah berstatus sebagai Stay at Home Wife, aku mengisi waktu luang untuk bercerita kembali diblog. Sebelum punya anak, tentunya banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk rajin menulis. Bahkan hingga sesaat sebelum melahirkan, aku sempat mendaftar untuk menjadi penulis artikel yang kemudian batal karena harus fokus mengurus anak, rumah dan suami terlebih dulu.

Sempat off menulis lagi selama hampir satu tahun, saat aku sudah mulai terbiasa dengan peran sebagai ibu yang harus serba bisa, aku pun memulai kembali kegiatan menulisku. Sebenarnya aku ingin tulisanku dibaca oleh banyak orang namun disisi lain ada rasa malu ketika tulisanku dibaca dan 'dinilai' oleh orang-orang. Jadi, maju mundur aku mempublikasikan blog ku hingga akhirnya memberanikan diri untuk memposting salah satu tulisan ditwitter. Tak disangka, seorang teman membaca dan berkata bahwa tulisanku bagus ^^v ia juga menyarankan agar aku ikut komunitas blogger supaya selalu semangat dalam menulis. Ini benar-benar menjadi penyemangatku untuk melanjutkan blogging.

Untuk menunjukkan keseriusanku dalam menekuni dunia tulis-menulis aku pun mengikuti suatu kelas menulis yang diadakan oleh komunitas yang sedang aku ikuti, Ibu Profesional. Dikelas menulis yang disebut dengan Kelas Literasi Ibu Profesional, para anggota ditantang untuk rajin menyetorkan tulisan minimal 10 tulisan per bulan. Jika berhasil menyelesaikan tantangan menulis ini, maka anggota akan menerima badge sesuai dengan jumlah tulisan yang disetorkan dalam bulan tersebut. Badge dasar "You're Good" untuk 10 tulisan, "You're Excellent" untuk 20 tulisan dan "You're Outstanding" untuk 30 tulisan atau yang menulis satu bulan full.

Syarat kelulusan dalam kelas ini adalah jika anggota berhasil mengumpulkan minimal 7 badge dasar. Syarat lain adalah minimal mengumpulkan 2 badge dalam tiap sesi dimana setahun terbagi menjadi 3 sesi (Januari-April, Mei-Agustus, September-Desember).

Disetiap awal bulan, akan diberikan link untuk menyetorkan tulisan. Tulisan boleh dibuat diplatform mana pun seperti Blog/Website UCG, Instagram, Facebook atau pun Google Document. Link untuk menyetor tulisan ini akan ditutup setiap akhir bulan sehingga kita tidak bisa menambah jumlah tulisan lagi dalam bulan tersebut.

Tidak ada syarat khusus untuk yang ingin menjadi anggota KLIP ini, yang jelas kelas diadakan di aplikasi Facebook jadi ya syaratnya cukup punya akun FB. Bukan anggota komunitas Ibu Profesional pun tidak apa-apa, tetap bisa mengikuti kelas literasi ini. Saat ini pendaftaran masih dibuka hingga bulan Maret 2020 untuk angkatan 2.

Selain menyetorkan tulisan, setiap hari Rabu diadakan diskusi mengenai buku yang sudah dibaca oleh para anggota. Biasanya anggota akan memposting link tulisan mereka mengenai resensi dari buku yang mereka baca diminggu tersebut. Setiap hari Jum'at, ada diskusi dengan anggota KLIP angkatan sebelumnya yang sudah lulus dan konsisten menulis selama satu tahun. Dari diskusi tersebut, banyak informasi yang bisa kita gali dari penulis untuk mendapat tips menulis serta semangat untuk tetap giat menulis. Menarik deh!

Aku harap aku bisa mendapatkan wadah untuk rutin menulis dengan ikut kelas literasi ini. Semoga semangatku tidak setengah-setengah untuk bisa menyelesaikan tantangan menulis selama satu tahun ini, salah satu resolusi 2020! Buat kalian yang suka menulis dan ingin ikut komunitas serta kelas menulis, ayo ikutan KLIP mumpung pendaftaran masih dibuka hingga bulan Maret ;)

Sukabumi, 24 Januari 2020

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar