Ibu Profesional (Ep. Pendaftaran Kelas Foundation)

By Imawati A. Wardhani - Desember 11, 2019


Pada tulisan beberapa waktu lalu yang judulnya Berkomunitas, aku sudah menyinggung mengenai komunitas yang saat ini aku ikuti yaitu Ibu Profesional. Dalam tulisan kali ini, aku ingin bercerita saat aku mendaftar untuk kelas Foundation pada bulan November 2019 lalu.

Sekilas tentang Ibu Profesional, setelah berselancar melalui internet yang aku tangkap tentang apa itu Ibu Profesional adalah suatu komunitas yang mewadahi ibu mau pun calon ibu untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas dirinya sebagai ibu, istri dan perempuan. Hmm.. Terdengar relatable sekali dengan diriku yang butuh upgrade ilmu dan skill parenting ini. Akhirnya, setelah kepo sana sini aku memantapkan diri untuk mendaftar dalam kelas Foundation yang akan dibuka pada bulan November 2019.

Apa itu kelas Foundation? Yaitu kelas persiapan sebelum kelas Matrikulasi (Pra-Matrikulasi). Metode belajarnya menggunakan aplikasi sejuta umat yaitu Facebook, dan akan berlangsung selama 4 minggu. Pada kelas Foundation ini, para calon anggota akan diperkenalkan lebih dalam mengenai Ibu Profesional dan komponen-komponen yang ada didalamnya serta nilai-nilai dari Ibu Profesional itu sendiri. Ibarat rumah, kelas Foundation ini adalah pintu gerbangnya sebelum kita memasuki pintu utama kelas Ibu Profesional lainnya.

Setelah mantengin feed Instagram (IG) @institut.ibu.profesional, aku mendapat informasi bahwa pendaftaran akan dibuka tanggal 13 November 2019 pukul 19.00 WIB. Yang harus dipersiapkan adalah link account Facebook dan uang sebesar Rp.200.000.- untuk keanggotaan seumur hidup. Tepat pada tanggal dan waktu yang ditetapkan, aku langsung cuss mengisi formulir yang disediakan di website Ibu Profesional dan menunggu email balasan. Pendaftaran sempat ditutup sementara akibat banyaknya pendaftar dan panitia harus memverifikasinya satu per satu.

Beberapa saat setelah aku mengisi formulir, aku diundang ke Whatsapp Group (WAG) Pra-Foundation Ibu Profesional (IP) regional Sukabumi. Disana aku berkenalan dengan para senior IP Sukabumi dan calon anggota yang akan menjadi teman seangkatanku. Setelah bertukar informasi, ternyata banyak yang belum mendapatkan email balasan untuk melakukan transfer termasuk aku. Kalau belum transfer, kami tidak akan dimasukkan ke dalam Facebook Group Ibu Profesional dimana materi kelas Foundation akan dibagikan disana. Beberapa senior meminta kami untuk bersabar karena banyaknya orang yang mendaftar sehingga balasan email membutuhkan waktu lebih.

Hingga tanggal 15 November menjelang magrib, aku belum juga mendapatkan balasan dari tim IP pusat sehingga aku berinisiatif untuk mengirimkan email pada salah satu panitia yang alamatnya tercantum di IG Ibu Profesional. Tidak berapa lama, aku di Whatsapp untuk segera melakukan pembayaran. Lahh, tau gitu gue email dari kemarin-kemarin nggak cuma pasrah nunggu doang! Pendaftaran ditutup tanggal 15 November 2019 pukul 21.00 WIB. Segera aku melakukan transfer karena waktu menunjukan hampir jam 19.00 WIB. Setelah itu aku melakukan konfirmasi via WA dan kembali mengisi formulir via Google.

Selanjutnya setelah mengisi formulir konfirmasi pembayaran, aku bertanya pada salah satu senior IP Sukabumi untuk langkah selanjutnya. Beliau berkata bahwa aku hanya tinggal menunggu untuk diundang masuk ke Grup FB Ibu Profesional. Pertemuan awal kelas Foundation akan dimulai pada tanggal 20 November 2019, oleh karena itu dipastikan sebelum tanggal tersebut seluruh calon anggota sudah bergabung dalam Grup FB Ibu Profesional. Namun, hingga tanggal 19 November 2019 aku belum juga dikirimkan email yang berisi link untuk gabung ke FB Grup IP. Ternyata beberapa calon anggota juga senasib seperti diriku dan lagi-lagi kami diminta untuk bersabar karena calon peserta yang sangat banyak sehingga butuh waktu lebih banyak untuk mengirimkan email.

Memang dasar aku orangnya tidak sabaran, kembali ku WA panitia pusat Ibu Profesional agar mengirimkan link FB Grup IP tersebut. Beberapa menit kemudian, panitia mengirimkan link yang dimaksud. Lagi-lagi, tau gitu dari kemarin-kemarin aku berinisiatif menghubungi panitia pusat. Setelah membuka link yang dikirimkan, aku segera mengklik pilihan Join untuk bergabung bersama calon anggota lainnya di grup besar FB Ibu Profesional. Eh, ternyata masih harus menunggu konfirmasi lagi dari admin untuk masuk ke dalam grupnya. Ku kira semua sudah beres dan aku tinggal menunggu saat pertemuan pertama kelas Foundation tiba.

Hingga esok harinya yaitu tanggal 20 November 2019 dimana malam harinya kelas Foundation sudah dimulai, admin FB Ibu Profesional belum juga mengkonfirmasi permintaanku untuk bergabung dalam grup. Tanpa bertanya pada senior, langsung aku hubungi lagi panitia pusatnya untuk memasukkanku dalam grup FB. Setelah meminta nama lengkap, email serta account FB ku, tidak sampai 10 menit aku sudah dimasukkan ke dalam grup FB yang konfirmasinya ku tunggu-tunggu dari kemarin. Malam harinya, mulai deh aku ikut belajar dalam kelas Foundation Ibu Profesional Batch 8.

Saranku untuk kalian yang tertarik ikut dalam komunitas ini dan berniat mendaftar di periode selanjutnya, berinisiatif lah untuk menghubungi panitia pusat baik melalui email mau pun chat via WA saat kalian belum menerima konfirmasi dari pihak IP pusat. Seperti pengalamanku kemarin, mungkin peserta yang mendaftar sangat banyak hingga panitia sendiri kewalahan dalam memverifikasi data yang butuh ketelitian tersebut, jadi tidak ada salahnya jika kita membantu mereka sehingga mereka tau, "Ini loh ternyata ada yang belum dikonfirm.." kira-kira seperti itu menurut pendapatku.

Sukabumi, 12 Desember 2019

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hihi pengalamannya saat daftar kelas foundation IP juga hampir sama nih, Mbak. Karena telat transfer dan gak punya bukti pembayaran (pas tf viat atm resinya nggak keluar) saya jadi inisiatif hubungi pihak IP tapi di akun medsosnya dan itu nggak ada tanggapan. Pas dikasih kontak adminnya baru deh dapat konfirmasi dan bisa masuk di grup IP tepat di hari pertama kelasnya berjalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh sesama IP juga ya mba. Saya angkatan baru nih. Hihi. Intinya harus aktif sendiri jangan nunggu2 dihubungi aja ya mba.

      Hapus