Minggu, 24 November 2019

Berkomunitas


Berorganisasi sudah menjadi hobiku sejak jaman SMA. Rasanya senang sekali bisa menghabiskan waktu sepulang sekolah dengan ikut banyak kegiatan, daripada diam dirumah killing time entah ngapain hingga waktu tidur malam tiba. Saat SMA, aku aktif di ekskul Teater PDTORAKS, i-Earn, English Debating Club dan Klub Biologi. Banyak ya ternyata? Haha. Dari kegiatan-kegiatan tersebut, tak jarang aku mengikuti lomba dan mendapat banyak pengalaman seru. Meski pun tidak selalu menang, rasanya hidupku lebih berfaedah dengan padatnya aktivitas itu.

Begitu pula dengan masa-masa menjadi mahasiswi. Disemester awal, aku cukup shock dengan kegiatan perkuliahan dan jadwal praktikum yang begitu menyita waktu seharian. Rasanya pulang kuliah capek, badan sudah remuk dan ingin tidur saja di kos. Malamnya, harus berkutat dengan laporan praktikum dan belajar untuk pre-test praktikum esok harinya. Begitu terus hingga hampir 3 semester, akhirnya aku menemukan ritme belajar dan terbiasa dengan kesibukan kuliahku. Kemudian, aku memutuskan untuk berorganisasi lagi demi eksistensi. Haha, nggak ding! Buat tambah pengalaman dan relasi tentunya. Aku pun aktif di BEM KMFA, IPSF (International Pharmaceutical Student Federation), Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) dan Unit Kegiatan Mahasiswa GMCO (Gadjah Mada Chamber Orchestra).

Bersama Gadjah Mada Chamber Orchestra

Mengikuti organisasi dimasa kuliah jauh lebih menyenangkan. Aku berkesempatan untuk bertualang ke Korea Selatan dan Swiss, menjadi Team Leader dalam acara simposium mahasiswa farmasi seAsia, mengadakan konser orkestra dengan bintang tamu orang-orang ternama seperti Addie MS, Lea Simanjuntak hingga flutist asal Argentina, Eduardo Tami, dan masih banyak sekali pengalaman seru dan menyenangkan yang sangat panjang jika dijabarkan dalam kalimat dipostingan ini. Poin plusnya lagi, aku mendapat teman-teman yang hingga saat ini menjadi zona nyamanku layaknya keluarga. Baik teman-teman satu fakultas mau pun satu universitas. Sampai sekarang kami masih sering berkomunikasi, bertukar cerita dan membuat janji untuk meet up saat berada dikota yang sama.

Saat Menjadi Panitia dalam Asia Pacific Pharmaceutical Symposium

Setelah resign dan menikah, aku ikut tinggal dengan suami dan keluarganya dikota Bandung. Komunitasku hanyalah keluarga suamiku dan beberapa teman kantor yang sudah jarang sekali kutemui. Sebenarnya Bandung adalah gudangnya komunitas, banyak sekali komunitas atau organisasi yang bisa kuikuti saat itu. Namun sulit karena kondisi yang memang belum memungkinkan, apalagi saat harus mengurus newborn baby seorang diri tanpa bantuan pengasuh. Pergi ke Indomaret atau Alfamart saja sudah bahagia. Jadilah aku memilih bertahan untuk tidak berkomunitas hingga waktu yang dirasa tepat datang.

Akhirnya aku pindah ke Sukabumi ikut suamiku yang pindah kerja disini, tentunya bersama si kecil yang sudah beranjak besar. Aku yang tidak punya siapa-siapa dikota ini selain keluarga kecilku, memutuskan untuk mulai aktif mencari-cari kegiatan lain guna menambah ilmu dan mendapat teman baru. Setelah melakukan pencarian dan survey berbagai organisasi yang ada diSukabumi, pilihanku jatuh pada Ibu Profesional. Suatu organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas peran para wanita baik sebagai ibu, istri mau pun sebagai individu. Begitu waktu pendaftaran tiba, tidak membuang-buang waktu aku langsung ikut mendaftar dan saat ini telah bergabung dengan WA Group (WAG) Ibu Profesional Regional Sukabumi (IP Sukabumi).

Kegiatannya memang lebih banyak dilakukan secara online, via facebook dan WAG namun diluar itu komunitas IP Sukabumi juga sering melakukan berbagai kegiatan offline berupa kopi darat para anggota yang dikemas menjadi kegiatan amal mau pun sosial. Jujur saja aku baru mengikuti beberapa kali pertemuan kelas, tapi aku merasa pilihanku untuk mengikuti Ibu Profesional ini tepat karena memiliki visi dan misi yang kurang lebih sama denganku. Mungkin nanti aku akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu Ibu Profesional dan kegiatannya dalam tulisan selanjutnya! Selamat berkomunitas lagi, dear myself ;))

Sukabumi, 24 November 2019




Tidak ada komentar:

Posting Komentar