Senin, 03 Mei 2021

Apa Kue Lebaran Favoritmu?


Bulan Ramadhan sudah memasuki minggu ke-3 nya. Tak terasa insha Allah sebentar lagi kita akan bersua dengan hari kemenangan umat islam, Idul Fitri. Tahun ini, lagi-lagi kita harus melalui hari raya Idul Fitri di tengah pandemi yang entah kapan selesai?!

Ngomong-ngomong soal lebaran, rasanya tak terpisahkan ya dari opor ayam, sambal goreng kentang serta lontong atau ketupat? Tapi, sebelum makanan-makanan tersebut tersaji di meja makan, biasanya aneka kue lebaran sudah menghiasi meja ruang tamu duluan. Hayo ngaku, siapa yang kue lebarannya sudah habis setengah toples? Haha.

Selama bulan Ramadhan ini, pembeli bahan kue di toko kue meningkat tajam. Hal ini disebabkan karena tradisi masyarakat Indonesia yang hampir tidak pernah absen menyajikan aneka kue kering untuk menyambut hari lebaran. Produsen kue kering pun mengambil kesempatan emas ini untuk meningkatkan omzet penjualan mereka.

Tradisi kue kering menjadi sajian khas lebaran ini sebetulnya bukan murni tradisi masyarakat Indonesia. Ada pengaruh budaya Eropa terutama negara Belanda, di abad ke-19 hingga 20 yang menyebabkan masyarakat Indonesia mulai menyukai dan terbiasa mengkonsumsi kue kering yang resep originalnya berasal dari negara Eropa.

Adapun 3 jenis kue kering khas lebaran yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah :

Kastengel

Kue ini berasal dari negara Belanda, namanya diambil dari kata "kaas" yang berarti keju dan "stengel" yang berarti batang. Di Indonesia, kastengel juga dikenal dengan nama kue keju. Sesuai dengan namanya, kue ini berbahan dasar utama keju, kemudian tentu saja ada bahan tepung terigu, telur dan margarin di dalamnya.

Keju yang digunakan sebagai bahan untuk membuat kastengel bisa bermacam-macam mulai dari keju gouda, keju parmesan hingga keju edam atau cheddar. Bukan pakai keju mozarella, ya! Hihi.

Setelah adonan dicampur menjadi satu, adonan kastengel dipotong menjadi bentuk batangan sepanjang 3-4 cm dan lebar kurang lebih 1 cm. Kastengel kemudian dipanggang hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Ciri khas dari kue ini selain dari bentuk batangnya adalah taburan keju yang telah terpanggang di bagian atasnya.

This one is my favorite!

Nastar

Sama seperti Kastengel, Nastar juga merupakan kue yang asalnya dari negara kincir angin yaitu Belanda. Nama nastar diambil dari kata "ananas" yang berarti nanas dan "taart" yang berarti pie atau kue. Jika bahan utama dari kastengel adalah keju, maka nanas adalah bahan utama yang wajib ada pada kue nastar.

Resep nastar sebenarnya merupakan hasil dari kreasi kue pie. Bahan yang digunakan pun mirip-mirip dengan bahan yang biasa digunakan sebagai adonan kue pie. Sebab di Indonesia sulit mendapatkan buah-buahan seperti strawberry atau blueberry, maka di masa penjajahan Belanda dulu, buah tersebut diganti dengan buah nanas yang lebih mudah ditemukan di negara beriklim tropis ini.

Ciri khas kue nastar adalah bentuknya yang bulat, berdiameter sekitar 2 cm dan di atasnya dihiasi dengan taburan keju, potongan cengkeh atau kismis.

This one is my son's favorite!

Kue Putri Salju

Satu lagi nih, kue kering khas lebaran yang paling banyak menjadi kesukaan sebagian masyarakat Indonesia, kue putri salju. Namanya bagus bener ya! Ciri khas dari kue ini biasanya dibentuk menjadi seperti bulan sabit dan diselimuti oleh gula halus berwarna putih bak salju.

Berbeda dengan dua kue sebelumnya yang asalnya dari negara orang, kue putri salju ini original from Indonesia, loh! Bahan dasar dari kue putri salju ini sederhana saja yaitu tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur.

Selain happening di hari lebaran, kue putri salju ini juga biasa tampil saat Natal dan Imlek.

Siapa yang paling suka kue putri salju?

Bingkisan Lebaran by Andriana Cookies

Sekitar semingguan yang lalu, suamiku pulang kerja terlambat. Sebelum lihat wajah istrinya ditekuk, ia menyodorkanku bingkisan lebaran. Nggak jadi pundung, malah semangat deh buat buka isinya. Hehe.

Bingkisan lebaran by Andriana Cookies

Ternyata isinya kue-kue khas lebaran by Andriana Cookies. Bingkisannya lucu banget, ketiga wadah kue kering dikemas dalam box bernuansa nude yang dihiasi oleh gambar kembang-kembang bertuliskan "Happy Eid Mubarak".

Kue kering yang ada di dalam box tadi adalah kastengel, nastar dan kue putri salju. Dari tampilan dan penampakan luarnya sih menjanjikan banget. Bagaimana dengan rasanya?

Ketiga kue kering by Andriana Cookies

Pas banget anakku tidak sabar untuk membuka kue-kue tersebut, sehingga setelah kotak bingkisannya dibuka, kotak kuenya juga langsung diunboxing!

Tujuan pertamaku pasti langsung ke kastengelnya dong. Melihat warna kuenya yang cantik dan perfect, bikin nggak sabar untuk mencicipi kastengel tersebut. Honest review nih, menurutku rasa kejunya sangat berasa, aroma kejunya pun wangi dan menggugah selera. Crunchy-nya dapat dan gurihnya juga pas.

Kastengel by Andriana Cookies

Berbeda dengan kastengel lain yang mengedepankan rasa gurih totalitas, kastengel by Andriana Cookies ini ada rasa manis-manisnya. Rasa manisnya pun cukup mendominasi ya (untuk lidahku), fifty - fifty lah antara perbandingan antara manis dan gurihnya. Untuk kalian yang nggak suka kastengel yang terlalu gurih, cocok nih untuk jadi pilihan.

Putri Salju by Andriana Cookies

Selanjutnya, aku beralih mencoba kue putri saljunya. Enak juga menurutku, karena kuenya lembut tapi kalau digigit teksturnya nggak yang langsung hancur gitu. Rasa manis dari kuenya sendiri light dipadukan dengan gula halusnya yang banyaaak, jadi pas deh rasanya. Bocah sih doyan ya makanin gula. Kkk~

Kemudian, aku mencoba kue nastar yang juga tampak menggoda iman. Apalagi melihat anakku sudah makan beberapa butir dalam sekejap, jadi penasaran ini kue rasanya kayak gimana? Setelah dicicipi, ternyata dari ketiga kue kering by Andriana Cookies, aku paling suka dengan nastarnya!

Nastar by Andriana Cookies

Rasa manisnya pas, nggak bikin eneg, selai nanasnya juga nggak pelit tapi nggak berlebihan. Kulit luarnya crunchy tapi bagian dalamnya lembut. Ya pantas saja anakku lap-lep-lap-lep makanin nastar ini.

Dengan harga satuan Rp75.000,- kayaknya nggak berlebihan kalau ownernya mengklaim kue-kue lebaran by Andriana Cookies ini adalah kue premium dengan harga terjangkau. Untuk teman-teman yang ada di kota Sukabumi, Bandung atau kota lainnya bisa langsung melakukan pemesanan di nomor Whatsapp 081214408649 (Andriana).

Kayaknya cocok banget bingkisan kue lebaran by Andriana Cookies ini untuk mengisi meja ruang tamu di rumah kita, atau sebagai hadiah hampers lebaran untuk keluarga maupun sahabat tersayang.

Jadi, apa nih kue lebaran favorit teman-teman? Lebih senang bikin sendiri atau tim beli aja biar cepet? Haha.

Sukabumi, 3 Mei 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar