Selasa, 09 Februari 2021

Stimulasi Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-7


Assalammualaikum,

Hari ini adalah hari ketujuh aku menuliskan jurnal tantangan zona ke-6 di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Zona ke-6 ini mengangkat tema tentang "Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial". Sebuah tema yang membuatku cukup tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik.

Kemarin, aku sudah menuliskan kalau kecerdasan finansial ini perlu ditumbuhkan pada anak-anak dengan cara memahami konsep "rezeki itu pasti, kemuliaan lah yang harus dicari,". Ketika anak-anak sudah paham dengan konsep tersebut, maka kita perlu memberikan stimulasi untuk kecerdasan finansialnya.

Kemuliaan anak sendiri akan meningkat dengan 6 cara yaitu :
1. Anak paham konsep harta, bagaimana mendapatkan dan memanfaatkannya sesuai dengan kewajiban agama atas harta tersebut.

2. Anak bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan sendiri.

3. Anak terbiasa merencanakan (membuat budget) berdasarkan skala prioritas.

4. Anak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

5. Anak memiliki rasa percaya diri dengan pilihan "gaya hidup" sesuai dengan fitrahnya dan tidak terpengaruh oleh orang lain.

6. Anak paham dan punya pilihan hidup untuk menjadi employee, self employee, business owner atau investor.

Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-7


Nama anak : Dipta

Usia : 2 tahun 3 bulan

Rencana Stimulasi :

Selama 5 hari ke depan, aku sebagai pendamping anak akan mengenalkan konsep finansial melalui kegiatan membaca nyaring (read aloud) dari e-book yang sudah diberikan oleh Kakawi di zona ke-6 ini.

Aksi :

Hari ini, aku membacakan e-book yang berjudul "Penghapus Rama" yang ditulis oleh Evi Z. Indriani dan digambar (ilustrasi) oleh Fanny Santoso. E-book ini diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dari Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan.

Meskipun tulisan dalam e-book ini tidak banyak, namun halamannya lumayan banyak yatu 30 halaman. Di tengah-tengah membaca bersama, anakku tampak bosan dan kabur-kaburan. Hehe. Berhubung kemarin belum sepenuhnya "berhasil" membacakan buku ini pada anakku, maka aku mencoba kembali membacakan e-book yang sama pada hari ini. Tujuannya agar anakku lebih familiar dengan bacaannya sehingga lebih tertarik. Kemudian aku mencoba untuk membaca sembari mengenalkan beberapa uang koin sehingga kami seolah-olah sedang bermain peran dengan cerita seperti yang tertulis di e-book.

Refleksi :

Walaupun masih belum sepenuhnya fokus dan berkonsentrasi, hari ini anakku tampak lebih menunjukkan minatnya dalam membaca e-book "Penghapus Rama" bersama-sama denganku. Mengenalkan konsep dasar finansial pada anak usia dini memang tidak mudah karena anak belum paham betul yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Dengan mengombinasikan kegiatan membaca nyaring dengan bermain peran, tampak anakku lebih antusias untuk melakukan kegiatan ini.

Bintangku Hari Ini :

Aku memberikan bintang 4 untuk diriku sendiri karena sepertinya masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melakukan read aloud mengenai finansial ini agar anakku lebih tertarik saat membaca buku tersebut.

#harike7
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar