Sabtu, 02 Januari 2021

Review KDrama : Do Do Sol Sol La La Sol, Memaknai Cinta, Persahabatan dan Keluarga

Dodosolsollalasol

Annyeonghaseyo! Kembali lagi di tulisan beraroma drama Korea di blog ini. Hehe..

Di penghujung tahun 2020 kemarin, aku menonton drama Korea bergenre romance-comedy yang diwarnai musik klasik berjudul Do Do Sol Sol La La Sol. Dari judulnya sudah kelihatan ya drama ini mengangkat cerita tentang musik.

Berangkat dari lelahnya Hayati menanti drama ongoing True Beauty tayang setiap minggu, akhirnya aku mencari-cari tontonan lain yang sudah complete di Netflix dan memilih "Do Do Sol Sol La La Sol" sebagai drama penutup yang kutonton di tahun 2020. Setelah mencoba menonton episode pertamanya, ternyata menarik juga hingga akhirnya lanjut nonton sampai episode terakhir.

Cerita "Do Do Sol Sol La La Sol"

poster dodosolsollalasol
Poster drama "Do Do Sol Sol La La Sol" (soompi.com)

Gu Ra Ra (Go Ara) adalah seorang perempuan piatu yang diasuh dan dirawat oleh ayahnya yang merupakan seorang pengusaha kosmetik sukses dan kaya raya. Sejak kecil Gu Ra Ra hidup dalam kemewahan.

Ayah Ra Ra yang berasumsi bahwa puterinya memiliki bakat luar biasa dalam bermusik, meng-hire seorang guru piano yang mengajari Ra Ra agar menjadi seorang pianis handal.

Hari-hari Ra Ra pun dipenuhi dengan latihan piano. Gong Mi-Sook (Moon Hee Kyung) yang merupakan guru piano Ra Ra hampir putus asa melihat progress muridnya tersebut. Namun, ia dengan sabar dan penuh pengertian mengajari Ra Ra hingga menuntaskan studinya di sekolah musik.

Satu hal yang menarik dari Ra Ra, saat ia bermain piano di depan publik dan gugup hingga lupa dengan nada lagu yang sedang dibawakannya, ia akan mengulang-ngulang nada "do do sol sol la la sol" yang merupakan nada pembuka dari lagu Twinkle-Twinkle Little Star. Dengan melakukan hal tersebut, Ra Ra akan mendapatkan kepercayaan dirinya kembali untuk menyelesaikan permainan pianonya.


Kehidupan Ra Ra kemudian berubah total ketika ayahnya meninggal sesaat sebelum Ra Ra menikah. Calon ibu mertua serta calon suami Ra Ra kabur dan menghilang, usaha ayahnya diketahui bangkrut dan terlilit banyak hutang. Ra Ra kemudian diminta oleh sekertaris ayahnya untuk pergi meninggalkan rumahnya berbekal sejumlah uang, pakaian, mobil pribadi dan juga Mimi, anjing peliharaannya.

Petualangan Ra Ra dalam bertahan hidup dalam kondisi sulit pun dimulai. Ia terkena tipu hingga harus kehilangan seluruh uangnya juga tempat tinggal, kemudian pergi dari kota Seoul menuju Eunpo untuk menemui pengagum rahasianya yang ia harap dapat membantunya.

Sayangnya, Ra Ra harus kembali mengalami kemalangan karena mobilnya menabrak sepeda dan ia pun mengalami kecelakaan yang cukup serius. Pengendara sepeda yang ditabrak oleh Ra Ra kemudian menolong Ra Ra dan merawatnya selama ia tidak dapat menggunakan tangannya karena terluka.

Gu ra ra sunwoo jun dodosolsollalasol
Joon yang membantu Ra Ra dalam kesulitan (soompi.com)

Adalah Sunwoo Joon (Lee Jae Wook) laki-laki misterius yang ditabrak oleh Ra Ra dan kemudian menolongnya. Hubungan mereka berubah menjadi debitur serta kreditur. Ra Ra yang tidak memiliki uang terus menerus meminjam uang kepada Joon dan berkata akan menggantinya saat ia mendapatkan pekerjaan.

Joon juga menolong Ra Ra untuk mendapatkan tempat tinggal di Eunpo. Di kota kecil inilah kehidupan baru Ra Ra dimulai. Di sana ia menemukan pekerjaan baru, cinta serta sahabat rasa keluarga.

Cerita Cinta Gu Ra Ra dan Sunwoo Joon

Namanya drama romcom tentu cerita utamanya adalah tentang cinta antara first female dan lead male-nya. Dalam drama "Do Do Sol Sol La La Sol", Go Ara sebagai Gu Ra Ra dipasangkan dengan Lee Jae Wook sebagai Sunwoo Joon dengan latar belakang cerita noona romance.

Pertemuan-pertemuan antara Gu Ra Ra dan Sunwoo Joon yang terjadi secara tidak sengaja membawa mereka pada suatu keadaan di mana Gu Ra Ra mengandalkan Sunwoo Joon untuk bertahan dari kesulitan ekonomi yang sedang ia hadapi.

Ra ra joon dodosolsollalasol
Pertemuan "pertama"  (soompi.com)

Sunwoo Joon kemudian membantu Ra Ra mendirikan "LaLa Piano Land" yaitu tempat les piano kecil-kecilan di mana Ra Ra menjadi gurunya. Sunwoo Joon dengan sukarela mendaftar untuk menjadi murid les pertama Ra Ra.


Rasa nyaman diantara mereka berdua pun berubah menjadi saling suka dan sayang yang lebih dari sekedar teman atau sahabat. Namun, kisah cinta mereka tidak berjalan mulus begitu saja.

Di pertengahan episode, konflik demi konflik bermunculan. Mulai dari latar belakang keluarga Sunwoo Joon, munculnya orang ketiga dalam hubungan mereka hingga akhirnya Ra Ra dan Joon harus berpisah karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan mereka untuk bersama lagi.

Apakah kisah mereka berakhir dengan bahagia? Tonton saja ya, chingudeul! Hehe.

Selain cerita romance dari Ra Ra dan Joon, ada pula kisah cinta khas remaja ala Jin Ha Yeong (Shin Eun Soo) dan Lee Seung Gi (Yoon Jong Bin). Cerita cinta bertepuk sebelah tangan hingga friendzone akan membuat penonton tidak hanya menanti akhir cerita Ra Ra dan Joon tapi juga mereka berdua.

Tak kalah menarik adalah cerita cinta dr. Cha Eun Seok (Kim Joo Hun) dan mantan istrinya. Setelah bercerai, dr. Cha pergi meninggalkan Seoul untuk bekerja di salah satu rumah sakit di Eunpo. Di sanalah ia bertemu dengan Ra Ra dan lainnya, sementara mantan istrinya masih saja kepo dengan kehidupan mantan suaminya dan diam-diam sering mengunjungi Eunpo untuk memastikan kabar dr. Cha.

Penonton pastinya akan terhibur dengan cerita-cerita romance dari berbagai generasi tersebut. Hehe..

Cerita Persahabatan Dalam "Do Do Sol Sol La La Sol"

Selain kisah percintaan yang manis dan romantis antara Ra Ra dan Joon, drama ini juga menjual kisah persahabatan antara Ra Ra dan beberapa tokoh lainnya yang tinggal di Eunpo.

Ra Ra yang tidak memiliki tempat tinggal kemudian menyewa kamar di salah satu rumah susun yang ditinggali oleh Jin Sook Kyeong (Ye Ji Won), pemilik Jin Beauty Salon yang letaknya persis di sebelah tempat Sunwoo Joon tinggal. Jin Sook Kyeong yang tinggal berdua dengan anak perempuannya, Jin Ha Yeong, menerima Gu Ra Ra dan memperlakukan Ra Ra seperti saudara sendiri.

Dodosolsollalasol
Ra Ra dan teman-temannya di Eunpo (KBS)

Ra Ra yang memiliki karakter polos, ceria dan mudah bergaul dengan cepat beradaptasi dan menemukan teman-teman baru di Eunpo. Kisah persahabatan Ra Ra pun tidak kalah menarik untuk diikuti. Hampir semua tokoh yang terlibat selalu saling membantu dan mendukung sahabatnya satu sama lain. Cerita persahabatan mereka nggak kalah sweet dengan kisah romantis Ra Ra dan Joon.

Nuansa Kekeluargaan Dalam "Do Do Sol Sol La La Sol"

Meskipun drama ini termasuk drama slice of life yang ringan dan tidak perlu berpikir keras selama menonton, banyak pesan yang disampaikan terutama mengenai makna keluarga dalam kehidupan.

Di awal cerita, penonton akan disuguhkan dengan kisah Ra Ra dan ayahnya yang membesarkan Ra Ra seorang diri karena ibu Ra Ra yang meninggal ketika puteri mereka masih bayi. Meskipun sibuk dengan urusan pekerjaan, ayah Ra Ra masih bisa mencurahkan seluruh perhatian dan kasih sayang untuk puteri semata wayangnya.

Ra Ra pun tumbuh menjadi gadis yang ceria, polos dan selalu berpikir positif pada semua orang. Lingkungan tempat di mana Ra Ra tumbuh besar pun jauh dari kata-kata toksik. Semua orang bersikap baik padanya, seperti guru pianonya hingga sekertaris ayahnya.

Di Eunpo, Ra Ra bertemu dengan Jin Sook Kyeong yang juga membesarkan puterinya seorang diri. Berbeda dengan Ra Ra, kehidupan Jin Sook Kyeong dan Jin Ha Yeong jauh dari kata mewah, mereka hidup seadanya dan selalu bekerja keras untuk bertahan di tengah kesederhanaan. Namun demikian, mereka tetap saling menyayangi, mendukung dan hidup dengan bahagia.

Lain lagi dengan kisah kakek tua Kim Man Bok (Lee Soon Jae) yang hidup seorang diri pasca ditinggal oleh istrinya yang lebih dahulu meninggal. Kim Man Bok banyak membantu orang lain dan hidup sangat sederhana meski sebenarnya dirinya berkecukupan. Kim Man Bok juga menjadi orang yang berjasa dan berharga bagi Gu Ra Ra, Sunwoo Jun dan tokoh-tokoh lain yang diceritakan dalam drama ini.

Tidak ketinggalan juga cerita keluarga Sunwoo Joon, laki-laki misterius yang pindah ke Eunpo untuk bekerja. Joon memiliki kisahnya sendiri, berbeda dengan kisah keluarga tokoh lainnya dalam drama ini, bikin penasaran dan membuat penonton menduga-duga sendiri.

Semua saling mendukung! (KBS)

Bisa dibilang nuansa kekeluargaan di dalam drama ini begitu hangat hingga membuat penonton ingin ikut tinggal di Eunpo yang damai, dipenuhi oleh positive vibes dan jauh dari lingkungan yang toxic.

Akhir Kata Untuk "Do Do Sol Sol La La Sol"

Aku pribadi cukup terhibur oleh drama ini. Pada beberapa episode pun, suamiku ikut serta menonton (sebab ponselnya ku pinjam untuk menonton Netflix) dan ia cukup penasaran dengan ceritanya, juga ikut tertawa saat memang ada adegan-adegan yang lucu.

Mulanya aku tertarik untuk menonton drama ini karena visual Go Ara yang cantik abiiss dan juga karena berlatar belakang musikal. Episode-episode awal akan membawa penonton penasaran, alurnya yang cukup cepat membawa penonton menemukan sedikit demi sedikit jawaban dari rasa penasaran tersebut. Akan tetapi, aku sempat juga merasa bosan di pertengahan episode sebelum akhirnya semangat menonton lagi saat memasuki episode ke-13 hingga episode final.

Go Ara as Gu Ra Ra (soompi.com)

Bisa dibilang, hampir semua tokoh yang ada dalam drama "Do Do Sol Sol La La Sol" ini adalah tokoh protagonis. Hampir semua ya, ada juga tokoh antagonisnya. Meskipun begitu, konflik yang dibangun cukup menarik untuk diikuti, tidak yang receh banget karena bikin penonton bertanya-tanya bagaimana konflik tersebut akan diselesaikan.

Sebagai hiburan hari-hari, drama "Do Do Sol Sol La La Sol" ini cukup recommended. Pas untuk mengisi waktu luang untuk menonton drama yang lucu, manis dan bikin dugeun-dugeun karena sikap cuek-cuek pedulinya Sunwoo Joon. Hehe..

Sebelum semakin banyak spoiler di tulisan ini, aku akhiri dulu ya!

Sampai bertemu di review Kdrama berikutnya. Annyeong!

Sukabumi, 02 Januari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar