Jumat, 08 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-2


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-2 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari pertama sampai ke-5 nanti, aku akan rutin membacakan dengan nyaring beberapa buku yang ada di rumah untuk Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah read aloud.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital. Aku akan merangkum sedikit materi yang telah diberikan sebagai dasar untuk mengerjakan tantangan di zona 5 ini.

Karakter sendiri merupakan nilai-nilai dan sikap hidup yang positif, yang dimiliki seseorang sehingga mempengaruhi tingkah laku, cara berpikir dan bertindak sehingga akhirnya menjadi tabiat hidup.

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang membantu anak mengalami, memperoleh dan memiliki karakter yang kuat dan diinginkan.

Literasi sendiri menurut KBBI adalah kemampuan membaca dan menulis; pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu; kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Sedangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN), ada 6 kelompok literasi dasar yang meliputi literasi baca tulis, literasi numerasi, lierasi sains, literasi finansial, literasi digital dan literasi budaya-kewargaan.

Project Literasi - Tantangan Hari Ke-2




Project :

Read Aloud

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, Dipta akan memilih sendiri buku bacaan yang akan dibacakan oleh aku sebagai pendampingnya. Kegiatan ini akan didokumentasikan melalui Podcast i_maesha.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya.

Aktivitas Harian :

Hari ini, aku membacakan buku eknsiklopedia milikku saat kecil dulu berjudul Mengenal Ilmu Binatang "Burung". Buku ini ditulis oleh 
Anita Ganeri dan diterbitkan oleh penerbit GROLIER.

Ensiklopedia Mengenal Ilmu Binatang "Burung"

Kegiatan read aloud hari ini aku dokumentasikan melalui rekaman podcast di link berikut ini : Mengenal Ilmu Binatang Burung.

Refleksi :

Dipta terlihat senang sekali saat aku mengajaknya membaca buku mengenai burung. Memang saat ini, dia senang dengan hal-hal yang berkaitan dengan hewan. Ia suka menyebutkan nama-nama hewan, menyebutkan warna serta bentuk atau ukurannya.

Buku yang kami baca hari ini adalah ensiklopedia dengan halaman berjumlah 30. Buku ini sebenarnya bukan buku untuk anak-anak batita, akan tetapi berhubung tidak ada buku bacaan milik Dipta di rumah nenek, aku tetap mengajaknya membaca buku anak-anak tentang apa saja. Namun, tidak mungkin aku membaca 30 halaman dalam sekali duduk, sehingga kami memilih beberapa halaman untuk dibaca.

Berbeda dengan buku cerita rakyat nusantara kemarin, hari ini buku yang dibaca oleh Dipta menampilkan lebih banyak gambar sehingga ia bisa lebih tertarik untuk menyelesaikan bacaannya.

#Harike-2
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar