Sabtu, 16 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-10


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-10 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari keenam sampai hari ke sepuluh nanti, aku akan rutin melakukan kegiatan bercerita atau story telling bersama Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah story telling.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital.

Project Literasi - Tantangan Hari Ke-10




Project :

Story Telling

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, aku akan melakukan kegiatan story telling dimana dengan menggunakan peraga (buku atau gambar) aku akan menceritakan hal yang berkaitan dengan peraga tersebut.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya. Bisa juga bersumber dari gambar yang dapat dijadikan bahan untuk bercerita.

Aktivitas Harian :

Pagi ini, aku mengajak Dipta untuk bercerita mengenai pengalaman kami naik pesawat tahun lalu. Di bulan Desember 2020 kemarin, aku bersama suamiku dan Dipta pergi ke Jogja menggunakan moda transportasi pesawat. Aku mengajaknya untuk mengingat kembali momen-momen saat kami bertiga naik pesawat.

Aku menggambarkan lagi bagaimana situasi di airport, bagaimana bentuk dan apa saja bagian-bagian dari pesawat serta cerita pada saat kami di dalam pesawat. Untuk menjelaskan bagian-bagian pesawat, aku menggunakan mainan pesawat-pesawatan sehingga ia bisa melihat bagaimana bentuk jendela, sayap hingga ekor pesawat.

Mainan pesawat, bahan cerita hari ini


Refleksi :

Di luar dugaan, Dipta ternyata masih ingat dengan cukup detail pengalaman kami saat naik pesawat. Saat naik pesawat kemarin, usia Dipta sudah 25 bulan sehingga wajib membeli kursi sendiri. Ia bisa menceritakan kembali bahwa ia duduk sendiri dan menggunakan sabuk pengaman, masker serta face shield (lucu banget ingat semua!). Ia juga bercerita naik pesawat bersama Mama dan Papa.

Dipta juga sudah hapal bagian-bagian dari pesawat seperti badan pesawat, jendela, baling-baling (mesin) pesawat hingga tempat duduk pilot dan penumpang. Ia juga bisa menyebutkan Bapak Pilot adalah seseorang yang mengemudikan pesawat.

Pengalaman bercerita seperti ini betul-betul menyenangkan karena sebelum-sebelumnya, Dipta belum bisa bercerita banyak karena perkembangan bahasanya yang masih terbatas. Namun, di usianya sekarang ia sudah bisa bercerita macam-macam bahkan bisa diajak ngobrol dan menanggapi apa yang aku ceritakan. So proud of you, kid!

#Harike-10
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar