Jumat, 06 November 2020

Cerdas Emosi dan Spiritual, Tantangan Hari Ke-9

Bunda Sayang Institut Ibu Profesional

Hari ini adalah hari ke-9 di tantangan zona ke-3 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional batch 6 mengenai kecerdasan emosional dan spiritual. Tantangan zona ke-3 kali ini mengusung tema family project dimana kami sekeluarga diminta untuk mengerjakan proyek bersama dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosi dan spiritual.

Aku dan suamiku memilih 2 proyek untuk dikerjakan pada tantangan kali ini. Pertama adalah Dipta mengenal emosi dan yang kedua adalah Belajar Mengenal Konsep Allah Tuhanku. Kami memang sengaja memfokuskan proyek ini untuk pembelajaran anak, sebagai modal dan bekal utama dirinya tumbuh dan berkembang.

Dari kudapan yang diberikan kemarin, ada 5 hal yang dapat dilakukan untuk melatih kecerdasan spiritual. Hal-hal tersebut adalah :

1. Selalu menghadirkan Tuhan sebagai kekuatan spiritual tertinggi
2. Melakukan kegiatan atau aktivitas sosial
3. Selalu membuka diri terhadap perubahan dan dapat menyaringnya dengan baik
4. Berusaha melakukan kebaikan sekecil apapun dampaknya

Sekarang, aku akan langsung menuliskan jurnal hari ke-9 ku...

Cerdas Emosi dan Spiritual - Tantangan Hari Ke-9

Zona 3 Bunda Sayang IIP

Judul Project

Belajar Mengenal Konsep Allah Tuhanku

Rencana

Melibatkan Allah SWT dalam setiap aktivitas yang dilakukan bersama dengan anak dengan tujuan anak mengenal konsep ketuhanan sejak dini. Aktivitas yang dilakukan misalnya berdo'a sebelum melakukan suatu kegiatan, beribadah dan mengenal huruf hijaiyah melalui lagu dan buku.

Aktual/Kendala

Siang tadi, aku kembali mengajak anakku untuk berdo'a bersama sebelum tidur siang. Namun, yang terjadi adalah ia menolaknya dan menangis saat aku mencontohkan membaca do'a sebelum tidur.

Meskipun ia menolak, aku tetap membacakannya do'a sebelum tidur hingga 3-4 kali. Aku juga mencoba menjelaskan secara singkat dan sederhana kalau sebelum tidur kita harus berdo'a pada Allah swt. supaya Allah menjaga kita selama tidur dan menjauhkan kita dari mimpi buruk.

Bunda Sayang Institut Ibu Profesional
Berdo'a sebelum tidur siang

Setelah mengulang-ngulang hingga 4 kali, akhirnya anakku mau mengikutiku membaca do'a sebelum tidur.

Refleksi

Hari ini aku belajar bahwa penting sekali menjadi contoh dan teladan yang baik bagi anak. Anak-anak pasti akan mengikuti dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya setelah ia melihat kebiasaan yang dilakukan keduanya.

% Antusiasme dan Pemenuhan Rencana

85% 🤩🤩🤩

Imawati Annisa Wardhani
Regional Sukabumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar