Rabu, 23 September 2020

Pantulan Warna Zona 1 : Komunikasi Produktif


Bulan September menjadi bulan penuh belajar parenting untukku. Bersama teman-teman di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional, aku menghabiskan setengah bulan untuk menerapkan teori yang didapat di zona pertama petualangan kami di kelas ini.

Komunikasi produktif, topik yang diangkat pada bulan ini. Kami belajar untuk mempraktekan apa yang sudah kami dapatkan mengenai ilmu komunikasi produktif. Berkomunikasi dengan pasangan, anak, orang tua bahkan lingkungan sekitar ternyata ada ilmunya.


Walaupun sebelumnya aku pernah membaca mengenai teori komunikasi produktif di salah satu buku yang aku miliki, tapi belajar bersama IIP membawa angin segar dimana aku diberi tantangan untuk membuat jurnal selama 15 hari berturut-turut.

Dengan membuat jurnal harian, aku jadi tau poin komunikasi produktif apa saja yang sudah aku terapkan. Mana yang harus aku tingkatkan dan mana yang belum aku lakukan. Dari total 15 hari tantangan, bulan ini aku berhasil menyelesaikan 10 hari membuat jurnal harian tanpa jeda.


Di akhir sesi setelah aku dan para sobatualang menyelesaikan tantangan, saatnya aku membagikan aliran rasa yang diperoleh setelah menyelesaikan zona 1 ini.


Mempraktekan komunikasi produktif terutama bersama anak dan suami tidak semudah membaca dan memahami teori yang ada. Masih ada ego dan emosi yang terbawa saat menghadapi situasi yang sebenarnya. Kadang sadar dan dapat dengan mudah mengikuti apa yang sudah aku pelajari, kadang khilaf sehingga masih menaikkan nada beberapa oktaf ketika berbicara. Fyuh~

Meskipun tidak ada namanya manusia yang sempurna, pembelajaran ini setidaknya dapat memperbaiki dan sedikit menutupi ketidaksempurnaan yang begitu nyata. Komunikasi produktif membuatku sadar betapa pentingnya berkomunikasi dengan bijaksana dan efektif dengan orang lain terutama anak dan suami.

Melihat anakku sudah mulai dapat berbicara dan mengeluarkan banyak kata dari lisannya, tentu aku ingin ia mempunyai role model yang baik. Siapa? Tentu orang tuanya dong yang utama. Aku dan suamiku akan terus berusaha menjadi panutan yang terbaik baginya.

Setelah bulan September berlalu, aku akan melanjutkan petualangan ke zona berikutnya. Mungkin aku tidak akan lagi menulis jurnal bertema komunikasi produktif di bulan berikutnya dan tergantikan oleh tema-tema lainnya, namun yang pertama pasti paling berkesan. Jadi, apa yang sudah aku dapatkan dari materi komunikasi produktif akan aku usahakan agar terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Aku akan terus berusaha membangun komunikasi yang efektif disertai dengan bahasa cinta untuk orang-orang disekitarku terutama suami dan anakku yang tersayang. Terima kasih zona pertama, untuk bulan September yang mengesankan!

Imawati Annisa Wardhani
Regional Sukabumi

#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar