Akhir Rangkaian Episode Drama Korea

By Imawati A. Wardhani - Juni 12, 2020


Jika menyangkut pembahasan mengenai drama Korea apa saja yang sudah pernah ditonton, aku bisa menceritakan panjang-lebar, pagi-petang dan siang-malam. Berbusa-busa pasti menceritakan semuanya. Haha.

Bagi penonton, bagian terpenting dari sebuah drama Korea adalah bagaimana ending cerita setelah sekian episode dilalui. Episode akhir dari drama ini bisa menjadi penentu apakah penonton akan puas dengan perjalanan panjang drama tersebut atau sebaliknya?


Dari sekian banyak judul drakor yang pernah aku tonton sampai habis, ada 3 jenis ending atau akhir cerita yang aku temui. Sad ending, nggantung ending dan happy ending. Aku mau bercerita sedikit tentang beberapa drama yang membuatku terkesan karena ketiga akhir ceritanya.

Sad Ending

Sesungguhnya jenis akhir sedih ini adalah yang paling aku hindari saat menonton drakor. Makanya aku lebih suka menonton drama yang sudah complete semua episodenya daripada mengikuti drama ongoing.

Tujuan utama aku menonton sebuah film atau drama pada dasarnya adalah agar mendapat hiburan dan penyegaran. Oleh karenanya aku menyukai tipe drama romance-comedy, yang biasanya kebanyakan dibalut dengan cerita fantasy.

Inginnya saat menonton sebuah film atau serial, happily ever after adalah tujuan dari perjalanan sekian belas atau puluh episode. Namun, seperti kehidupan yang tak melulu mulus ternyata dalam drama pun harus ada akhir yang menyedihkan.

Meski sudah mencoba menghindar dari drama Korea yang berakhir sedih, tetap saja ada beberapa judul yang aku tonton dan berakhir suram.

Drama sad ending pertama yang aku tonton adalah Endless Love (2000). Ini aku anggap zonk karena dulu mengikutinya lewat layar televisi dan tidak dapat spoiler bagaimana akhir ceritanya.


Setelah Endless Love, aku kapok menonton serial Korea yang isinya nangis-nangisan. Udahlah, kepengen lihat yang happy-happy aja tapi pasti kalau drakor ada scene sedih-sedihannya sih. But it's okay selama ujungnya membawa air mata bahagia. Hiyaa lebay kan!

Eh ternyata aku kena zonk lagi dengan menonton Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (2016) setelah dihasut oleh teman sekamar di mess dulu dan diiming-imingi kisah cinta yang so sweet antara pemeran utamanya yakni Wang So dan Hae Soo. Temanku berkata kalau drama tersebut wajib tonton! Oke aku menyerah dan menontonnya.

Episode demi episode berlalu dan ternyata disamping romansa antara pangeran ke-4 yaitu Wang So dengan Hae Soo, seorang cewek yang datang ke zaman Goryeo dari masa depan, banyak cerita mengenai intrik dan konspirasi kerajaan. Perebutan tahta bahkan perseteruan dan peperangan antar saudara, antar suku, semua ingin berperang sampai bunuh-bunuhan!

Sumber : id.wikipedia.com
Banyak sekali korban berjatuhan di sepanjang drama 20 episode ini. Nasib Hae Soo pun diceritakan begitu menyedihkan, perjalanan cintanya bersama pangeran Wang So sangat berliku dan penuh perjuangan. Tentu aku banyak mengeluarkan air mata untuk drama satu ini, tapi tetap bertahan mengikuti hingga episode terakhir karena sudah terlanjur baper. Hehe.

Ternyata episode terakhirnya benar-benar membuatku kecewa berat karena Wang So dan Hae Soo tidak bersatu! (Kraaayyy~) bahkan disana diceritakan kalau Hae Soo tetap terjebak di zaman Goryeo hingga akhir hayatnya. Kemudian tiba-tiba ia kembali ke masa depan dan menjalani hidupnya seperti tidak terjadi apa-apa.

Wang So yang sudah menjadi raja pun tidak bisa berbuat apa-apa, masih mencintai dan mengenang Hae So namun ia hidup bersama wanita yang tidak ia cintai. What?! After all this time?
 
Banyak yang bilang kalau ending drama ini menggantung karena menyisakan banyak pertanyaan. Menurutku ini so sad! Saking menyedihkannya aku sampai tidak habis pikir sendiri, bisa-bisanya nasib mereka berdua semengenaskan itu?

Padahal menurutku, secara keseluruhan dramanya sih bagus. Serius bikin kesengsem sama pemain-pemainnya apalagi dua sejoli Wang So dan Hae Soo yang diperankan oleh Lee Joon-Gi dan IU.

Nggantung Ending

Akhir cerita yang seperti ini biasanya ditampilkan dalam drama bergenre fantasy, mungkin mereka bingung mengakhirinya dengan bahagia namun tetap masuk diakal. Haha.


Dari beberapa judul drakor yang aku tonton sampai habis dan ternyata berakhir gantung alias tidak jelas akhirnya (menurutku), ada satu yang paling terngiang-ngiang saat sudah menanti-nantikan episode terakhir namun berakhir gitu doang. Big (2012).

Sumber : soompi.com
Sukses membuat penasaran dan gemas melihat akting Gong Yoo sebagai Kang Kyung Joon anak SMA yang jatuh hati pada gurunya sendiri yaitu Gil Da Ran yang diperankan oleh aktris Lee Min Jung. Dalam cerita ini, Kang Kyung Joon sebenarnya tertukar jiwa dengan kakaknya yaitu Seo Yoon Jae setelah mengalami kecelakaan mobil dan jatuh ke dalam sungai. Seo Yoon Jae yang berada dalam tubuh adiknya yang diperankan oleh Shin Won Ho terbaring di rumah sakit karena koma.

Gil Da Ran awalnya tidak percaya mengenai hal paling mustahil tersebut. Bagaimana mungkin Yoon Jae, tunangannya tiba-tiba tertukar jiwa dengan murid barunya di sekolah yaitu Kyung Joon? Gil Da Ran pun berusaha mengungkap kebenarannya.

Di tengah-tengah episode, Gil Da Ran akhirnya luluh oleh sikap Kyung Joon yang begitu sweet dan gentle meski ia berusia jauh di bawahnya. Akhirnya, Gil Da Ran memutuskan untuk mengakhiri pertunangannya dengan Yoon Jae yang jiwanya bahkan masih berada dalam tubuh Kyung Joon.

Sampai di akhir cerita pada episode terakhir, tidak ada kejelasan bagaimana nasib Yoon Jae dan Kyung Joon yang tertukar itu, Da Ran pun tidak melakulan komunikasi sama sekali dengan Yoon Jae yang asli. Endingnya sepayung berdua dengan meninggalkan banyaaak sekali pertanyaan. Haishh..

Sayang sekali deh, episode terakhir Big adalah suatu mood dropper setelah menonton 15 episode sebelumnya yang penuh nuansa romansa dan komedi. Saking bete-nya masih ingat kan sampai sekarang?! Haha.

Happy Ending

Kalau kisah yang berakhir dengan bahagia banyak sekali yaa. You name it lah! Hampir semua orang pecinta drakor menantikan episode terakhir ditutup dengan kebahagiaan, membuat penonton puas dan ikut bersuka cita juga. Nggak rugi sudah mengikuti dari episode awal.

Bingung kalau diminta menyebutkan happy ending dalam drama Korea yang paling berkesan. Aku pilih Crash Landing On You (2019) deh! Hehe. Drama yang membuatku mengakhiri masa hibernasi selama 1.5 tahun dari dunia drakor.


Kisah cinta dua manusia beda negara ini bagaikan beda dunia deh, hampir mustahil untuk dipersatukan mengingat Kapten Ri Jung Hyuk (Hyun Bin) berasal dari Korea Utara sementara cintanya yaitu Yoon Se Ri (Son Ye Jin) adalah warga negara musuhnya, Korea Selatan.

Sumber : soompi.com
Walaupun di akhir cerita tidak ada adegan menikah apalagi sampai punya anak cucu seperti di sinetron Indonesia, eh! Haha. Episode terakhir sudah cukup membuat aku lega karena Yoon Se Ri bisa bersama lagi dengan Kapten Ri meski harus jauh-jauh mengungsi sampai ke Swiss. Horay!

Penantian Se Ri selama berbulan-bulan bolak balik Korea Selatan - Swiss sambil berharap bertemu dengan pujaan hatinya yang entah disana juga atau tidak, akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan.

Sama seperti awal pertemuan mereka, pertemuan mereka setelah penantian panjang tersebut terjadi ketika Se Ri yang sedang melakukan paralayang mendarat tepat di depan Kapten Ri. Situ yang ketemuan sini yang sumringah bahagyaa~

Semakin membuatku terkesan adalah karena setting di episode terakhir ini mengambil negara Swiss. Bikin flashback dan rindu dengan keindahan alam yang ada disana. Benar-benar seindah itu loh disana tuh, pilihan yang tepat untuk berkencan bagi orang-orang yang masuk kategori crazy rich.


Sekian beberapa drama yang sudah pernah aku tonton berdasarkan akhir ceritanya di episode terakhir. Kalau kalian suka ending yang seperti apa?

Sukabumi, 13 Juni 2020

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Akutu yang terheran-heran dengan laki-laki.
    Ngakunya gak cinta, tapi punya anak.
    Wang So kan gituu...

    KZL sampek ubun-ubun.
    HIH!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbaa emosi banget nonton'y! Kuciwa beradh lahh ngapa cerita'y jd begitu. Hiks..

      Hapus
  2. Serius "Big" akhirnya semenggantung itu? Nyebelin amat ya. Aku aja yang baca kesel 😂

    untung nontonnya gak kulanjutin dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gantung banget gak jelas menurutku Mba. Padahal udh menanti2 akhir cerita'y, tapi zonk abis lah ending'y Big kata aku mah 😑

      Hapus
  3. Yang happy ending dong..
    Gantung juga boleh, biar berkesan..
    Hehe

    BalasHapus