Selasa, 07 April 2020

Mother Empowering Mother : Yoga and the Sound of Mother's Heart



Menjadi seorang ibu merupakan hal ter-luar biasa yang dirasakan oleh wanita. Pengalaman hamil dan melahirkan adalah pengalaman yang hanya bisa dialami oleh wanita, dan tidak semua wanita mengalaminya. Setelah buah hati lahir ke dunia, petualangan menjadi ibu pun di mulai. Ternyata memerankan tugas sebagai seorang ibu itu layaknya menaiki roller coaster, yang harus siap dengan segala tikungan, tanjakan dan turunan tajam. Menjadi ibu itu tidak mudah, lelah namun berpahala jika ibu melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh.

Sayangnya, banyak wanita yang mengesampingkan satu hal terpenting dalam hidupnya setelah ia menjadi seorang ibu. Me time. Banyak yang menganggap me time itu sesuatu yang bisa di nanti-nanti, tidak di prioritaskan, menghamburkan waktu dan tidak berfaedah ketimbang sibuk mengurus rumah dan anak full 7x24 jam.

Padahal, siapa pun manusianya wajib mempunyai waktu untuk diri mereka sendiri. Siapa pun, ibu juga termasuk. Seorang ibu harus menyisipkan me time di sela-sela ke-hectic-annya mengurus rumah tangga dan anak-anak. Cukup me time bagi ibu akan memberikan dampak yang luar biasa bagi keluarganya, ia akan menjadi lebih rileks, mudah mengatur emosinya dan tetap waras menjalankan hari-harinya sebagai jantung dari keluarga.

Source : freepik.com

Salah satu kegiatan me time yang bisa dilakukan ibu untuk menyegarkan pikirannya dan membuat fisiknya lebih bugar adalah dengan melakukan yoga. Yoga merupakan suatu aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernafasan, keseimbangan dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas dan tubuh.

Sudah banyak sekali manfaat yoga yang diketahui seperti menyehatkan jiwa dan raga, relaksasi badan dan pikiran dan menjaga bentuk tubuh senantiasa ideal. Ibu mana yang tidak mau seperti itu? Kalau kata slogan UC1000, "Healthy inside fresh outside,".

Hal lain yang bisa membuat seorang ibu lebih lega, rileks dan jauh dari beban pikiran adalah dengan bercerita. Penelitian menunjukan bahwa wanita rata-rata berbicara sebanyak 20.000 kata dalam sehari dibandingkan pria yang hanya 7.000 kata.

Source : freepik.com

Dengan bercerita atau mencurahkan isi hati, seorang ibu bisa melepaskan beban pikirannya, mendapat teman berbagi, mendapat saran dan masukan-masukan dari sekitarnya, membuat dirinya tidak merasa seorang diri dalam menaiki roller coaster yang dinamakan ibu. Ia juga bisa berbagi ide dan memberikan manfaat bagi sesama, membuat dirinya merasa lebih berharga dan dihargai oleh teman-teman seperjuangannya.

Berangkat dari latar belakang ini lah, saya memiliki ide untuk membuat suatu project bertemakan me time yang diperuntukkan hanya untuk para wanita terutama para ibu. Acaranya adalah dengan mengadakan kegiatan yoga yang dilanjutkan dengan sharing session antar para ibu.

Detail dari acaranya adalah sebagai berikut :

Judul Project :
Mother Empowering Mother
(Yoga and the Sound of Mother's Heart)

Deskripsi Project :
Project ini merupakan project yang memfasilitasi kegiatan me time untuk para wanita terutama ibu-ibu yang bertujuan agar mereka mendapatkan waktu untuk diri mereka sendiri dengan kegiatan yang bermanfaat yaitu yoga untuk menyelaraskan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas dan tubuh. Nantinya, kegiatan yoga akan dilakukan sekitar 1 jam dan dipandu oleh seorang instruktur yoga yang tersertifikasi.


Source : freepik.com

Setelahnya akan ada sharing session dimana para ibu dengan bebas bisa mencurahkan isi hatinya, menceritakan apa yang menjadi masalahnya atau apa yang ingin ia lakukan untuk dirinya sendiri mau pun keluarganya. Sesi ini bertujuan untuk memberi support antar sesama wanita, saling memberi masukan dan saran tanpa saling menjudge satu sama lain. Kegiatan ini akan dilakukan dengan membagi ibu-ibu menjadi beberapa kelompok kecil dan didampingi oleh seorang Ketua Kelompok atau Group Leader agar kegiatan berjalan dengan teratur.

Sasaran Peserta :
Dikhususkan untuk para wanita (terutama ibu) anggota Ibu Profesional Regional Sukabumi.

Target Peserta : 30 orang

Kebutuhan/Susunan Tim :
1. Ketua Pelaksana
2. Sekertaris
3. Bendaraha
4. Seksi Acara
5. Seksi Konsumsi
6. Seksi Publikasi dan Dokumentasi
7. Seksi Perlengkapan

Waktu :
Minggu, 20 Desember 2020
Pukul 08.00 - 11.30 WIB

Tempat :
Di area outdoor seperti taman, pantai atau halam rumah yang cukup luas untuk menampung semua peserta.

Estimasi Dana :
Jasa Instruktur Yoga : Rp. 500.000,-
Peralatan Yoga (Matras dan Balok) : Rp. 300.000,-
Konsumsi Panitia dan Peserta : Rp. 600.000,-

Total Estimasi Dana : Rp. 1.400.000,-

Parameter Keberhasilan :
Pada akhirnya, semua peserta yang mengikuti kegiatan ini akan merasa lebih fresh baik secara fisik mau pun pikiran. Akan merasa lebih bahagia lahir dan bathin.

Rancangan project ini di buat dalam rangka melengkapi tugas orientasi di Kampung Komunitas Ibu Profesional tahun 2020.

Imawati Annisa Wardhani
IP Regional Sukabumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar