Rabu, 22 April 2020

Misi Ketiga : Membumikan Code of Conduct


Hore! Alhamdulillah aku sudah berhasil mendapatkan kerang istimewa setelah sebelumnya menyelesaikan 2 misi dalam perjalanan berlayar bersama teman-teman Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch 8.



Kami pun melanjutkan perjalanan hingga sampai pada materi CoC atau Code of Conduct. Ada yang pernah dengar? Aku akan mencoba menjelaskan sedikit tentang CoC berdasarkan penjabaran yang ada di materi matrikulasi beberapa hari lalu.

Code of Conduct (CoC) adalah suatu pedoman perilaku bermartabat yaitu beberapa peraturan yang dibuat, dipahami dan disepakati hingga menjadi komitmen bersama. Tentunya, CoC yang berlaku dalam pembahasan kali ini berada di ruang lingkup Ibu Profesional.

Adanya CoC ini sendiri memiliki 3 tujuan utama. Tujuan normatif yaitu menjadi pedoman perilaku bermartabat, perilaku yang menaikkan harkat, martabat kemanusiaan dan kemuliaan hidup setiap individu yang tergabung dalam Institut Ibu Profesional.

Tujuan kedua yaitu tujuan preventif yang dimaksudkan untuk mencegah terjadinya pelanggaran hukum, pelanggaran etika dan kemungkinan terjadinya perilaku nista pada anggota Institut Ibu Profesional.

Tujuan terakhir adalah kuratif untuk menyelesaikan tantangan yang muncul akibat adanya gesekan antar individu mau pun benturan berbagai kepentingan di dalam Institut Ibu Profesional.

Selanjutnya, ada 3 penjabaran utama dalam CoC Ibu Profesional. 3 hal tersebut adalah Perilaku Bermartabat, Berbagi dan Melayani serta Integritas Tinggi. Tugas kami sebagai mahasiswi perkuliahan di Institut Ibu Profesional adalah untuk membumikan CoC, tujuannya tentu untuk menularkan karakter yang dibentuk dari adanya CoC ini pada anggota-anggota yang lain.

Sebagai mahasiswi perilaku bermartabat yang wajib kami pegang yaitu sebagai berikut :
1. Memiliki Adab yang Baik
2. Aktif dan Bertanggung Jawab
3. Publikasi Bermartabat dan Bertanggungjawab

Setelah mendapat materi tentang Code of Conduct, misi yang harus kami selesaikan berikutnya adalah misi "Membumikan CoC" seperti yang tergambar di bawah ini :


Baiklah, sekarang saatnya untuk menyelesaikan misi tersebut!

Inilah aksi yang bisa aku lakukan untuk membumikan CoC :
1. Meluangkan waktu untuk mengikuti perkuliahan dan mengkondisikan rumah, anak dan suami agar bisa hadir tepat waktu.
2. Berusaha agar selalu menyampaikan pendapat atau memberi respon positif disetiap penyampaian materi, baik online mau pun offline.
3. Menulis ulang materi yang sudah diserap dan diterima sesuai dengan pemahaman sendiri, tentunya dengan mencantumkan Ibu Profesional sebagai sumber dari materi yang aku tulis.

Insha Allah aksi tersebut benar karena aku sudah mengacu pada CoC poin 1, 2 dan 3 untuk mahasiswi perkuliahan di Institut Ibu Profesional.

Aksi tersebut baik karena akan meningkatkan kapasitas diriku sendiri sebagai pembelajar yang bermartabat dan kepahaman mengenai ilmu-ilmu yang dipelajari disini juga meningkat.

Aksi tersebut bermanfaat karena ilmu yang dituntut dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan penuh ketekunan akan mendatangkan manfaat besar di kemudian hari, baik untuk diri sendiri mau pun orang lain.

Sekian penjelasan dariku untuk menyelesaikan misi "Membumikan CoC" dan aku siap untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Sampai jumpa!

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar