Senin, 03 Februari 2020

Blogwalking dan Manfaatnya


Bagi para experienced blogger, istilah blogwalking pasti sudah tidak asing lagi. Berbeda denganku yang masih berada dilevel beginner dalam dunia blogging, aku baru mengenal istilah tersebut setelah bergabung dalam komunitas blogger. Haha, telat ya udah 2020 baru tau apa itu blogwalking padahal aku sudah buat blog sejak 10 tahun lalu yaitu tahun 2010. Jadi apa itu blogwalking?

Istilah blogwalking merupakan suatu kegiatan mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar diblog yang dikunjunginya tersebut. Komentar yang ditulis bisa berupa sapaan, saran, kritik yang membangun dan komentar positif lainnya sebagai untuk diskusi atau memberi informasi lain yang berkaitan dengan tulisan yang dibuat oleh penulis blog yang dikunjungi. Jadi, komentarnya seharusnya nyambung ya dengan topik yang dibahas. Bisa juga kita meninggalkan tautan blog kita dengan harapan akan dikunjungi balik.

Sebenarnya kalau ternyata pengertiannya begini, aku sendiri sudah sering melakukan blogwalking hanya saja tidak tau kalau kegiatan ini memiliki nama. Haha..

Lalu, apa yang kita dapat dengan melakukan aktivitas blogwalking ini? Ternyata, blogwalking ini memiliki cukup banyak manfaat bagi kita selaku blogger. Beberapa diantara manfaat blogwalking yang bisa kita dapatkan adalah :
- Membangun relasi antar blogger
Sudah jelas ya dengan melakukan blogwalking kita bisa ngobrol dan mengenal blogger-blogger lain.
- Mempromosikan blog milik pribadi
Dengan meninggalkan komentar kita bisa mempromosikan blog milik kita dengan meninggalkan tautan menuju blog kita atau berharap ada kunjungan balik dari blogger lainnya. Lumayan untuk meningkatkan trafic.
- Menambah informasi dan pengetahuan
Untuk bisa meninggalkan komentar yang berkualitas kita tentunya harus membaca tulisan tersebut dari awal hingga akhir, dengan demikian selain bisa mengomentari dengan bijak, kita pun mendapat informasi yang ditulis secara utuh.
- Mendapat inspirasi menulis
Ini adalah hal yang sering aku lakukan ketika sedang semangat ingin menulis namun buntu dalam menemukan ide menulis. Dengan melakukan blogwalking, terkadang kita menjadi ingat akan suatu hal yang serupa dengan apa yang ditulis dalam blog orang lain dan menjadikannya inspirasi untuk tulisan kita. Tentunya hal yang kita tulis itu berdasarkan sudut pandang dan pengalaman kita sendiri ya, bukan malah menyontek atau melakukan plagiarisme dari blog yang kita kunjungi.

Sudah cukup jelas ya informasi mengenai blogwalking beserta manfaatnya ini. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah berkomentarlah dengan sepantasnya, dalam artian menggunakan bahasa yang sopan, tidak memprovokasi apalagi sampai menyinggung ke hal-hal yang berbau SARA 
(Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). Terakhir, jangan sampai kita melakukan spamming karena tentunya akan sangat mengganggu dan tidak nyaman bagi siapa pun. So be nice while doing blogwalking!

Selamat ber-blogwalking ria, bloggers!

Sukabumi, 03 Februari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar