Aku Berharga

By Imawati A. Wardhani - Februari 08, 2020


Memasuki masa orientasi di Kampung Komunitas Ibu Profesional, materi pertama yang diberikan adalah tentang Aku Berharga. Pada tulisan ini, aku tidak akan membahas apa saja yang disampaikan dalam materi tersebut melainkan menangkap makna dari isi materinya.

Pada dasarnya, manusia terlahir dengan keunikannya masing-masing. Keunikan yang akan membawa dampak bagi dirinya dan sekitarnya. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari apa sisi unik dari dirinya yang bisa membawa manfaat besar bagi orang lain. Potensi dari dalam diri seseorang hendaklah dicari, digali sehingga individu tersebut menemukan apa yang menjadi kelebihannya dan bagaimana mengaplikasikannya dengan optimal. Mudah ditulis namun cukup sulit dilakukan, karena untuk menemukan potensi yang ada didalam diri kita maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mengenali diri sendiri.

Kita harus berdamai dengan masa lalu jika memiliki kenangan yang membuat kita tidak bisa move on ke kehidupan yang lebih baik. Kita adalah yang paling tau apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan kita sendiri, lagi lagi cari dan gali keduanya sehingga kita bisa mencari solusi untuk mengatasi kelemahan dan memikirkan cara untuk memaksimalkan potensi yang kita miliki.

Aku akan mengambil contoh diriku sendiri, entah mengapa aku sebenarnya sering merasa tidak percaya diri. Aku sering tidak yakin dengan kemampuanku sendiri, aku merasa tidak bisa berbuat banyak hal yang bermanfaat baik untukku apalagi orang lain. Disisi lain, aku senang bersosialisasi, membangun relasi dalam komunitas dan ikut berbagai kegiatan. Aku sadar, jika aku terus merasa tidak percaya diri seperti ini maka aku tidak akan bisa memberikan kontribusi apa-apa didalam komunitas. Ya masa gue ikut organisasi terus bengong aja kan ngapain ye?

Akhirnya, aku mencoba mengalahkan rasa tidak percaya diri yang ada dalam diri ini dan berusaha memberikan kontribusi nyata dalam setiap komunitas yang aku ikuti. Sepik-sepik kasih komentar sedikit juga tidak apa-apa untuk meramaikan suasana. Aku mencoba percaya bahwa sesedikit apa pun kontribusi kita dampaknya dapat sangat berarti bagi orang lain. Jadi, mulailah mengenali diri kalian sendiri untuk memetakan kelemahan dan kelebihan yang ada didalam diri.

Kemudian, ada hal lain selain keunikan yang hanya dimiliki oleh diri kita sendiri yaitu pengalaman. Banyak orang yang punya pengalaman travelling ke Bali, namun setiap orang pasti memiliki kisahnya masing-masing. Tidak akan sama pengalaman setiap individu meski sama-sama pernah dalam suatu kondisi yang serupa. Pengalaman ini yang kemudian dapat dijadikan pelajaran dengan tujuan menjadikan kita mampu berkontribusi dan membawa dampak besar bagi sekitar.

Seperti tulisan yang kubuat berdasarkan pengalaman mengikuti kelas Orientasi Kampung Ibu Profesional kemarin ini, ku tulis dengan harapan yang membaca akan mengambil makna dari tulisanku, menyadari betapa berharganya diri kalian dan percaya bahwa kehadiran kalian mampu membawa perubahan positif bagi sekitar kalian. Kalau pun tulisan ini tidak dibaca siapa-siapa, setidaknya bisa menjadi pengingat untuk diriku sendiri bahwa aku ini bisa mengambil peran penting dalam kehidupan bermasyarakat yang sedang kujalani.

Jika kita sudah mampu mengenali diri sendiri dan potensi yang ada pada diri kita, step selanjutnya adalah mulai lakukan pergerakan dengan mengubah sesuatu yang bisa diubah. Fokus pada hal-hal yang bisa kita ubah sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih baik, tidak usah pedulikan hal-hal yang tidak realistis untuk diubah. Sekecil apa pun perubahan yang bisa kita lakukan, insha Allah akan selalu ada manfaatnya selama apa yang kita lakukan itu positif ya...

Ingat sekali waktu SD Ibu dan Bapak guru selalu mengingatkan murid-muridnya untuk jangan takut salah ketika beliau bertanya tapi tidak ada satu siswa pun yang mengangkat tangan untuk menjawab. Pesan ini ternyata bermakna besar dan terbawa hingga kita dewasa. Seperti yang kuceritakan tadi kalau aku sering merasa tidak percaya diri, why? Karena aku takut salah dalam mengambil langkah atau keputusan. Padahal rasa takut salah itu belum tentu benar dan malah menjadi penghambat perkembangan potensi yang ada dalam diriku. Ada pun jika kita membuat kesalahan, dapat dijadikan pelajaran supaya bisa berbuat lebih baik dan benar kedepannya. Yuk! Sama-sama singkirkan rasa takut salah demi melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Last but not least, jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri. Ingat, kita begitu berharga, teman-teman! Fokus dan berusaha untuk mencapai tujuan itu penting, tapi membahagiakan diri sendiri juga tidak kalah penting agar semangat tidak luntur. Jangan lupa untuk menyisipkan me time dalam setiap kesibukan kita.

Intinya, setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan tersebut adalah potensi yang mampu memberikan dampak yang luar biasa bagi orang banyak apabila kita mampu menggali dan mengoptimalkannya. Tuhan menciptakan manusia pasti dengan tujuan tertentu, masing-masing individu terlahir dengan membawa tugas mulia didunia jadi jangan pernah anggap rendah kehadiran kita karena kita semua berharga.

Terima kasih sudah membaca :)

Sukabumi, 08 Februari 2020

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar