Kamis, 14 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-8


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-8 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari keenam sampai hari ke sepuluh nanti, aku akan rutin melakukan kegiatan bercerita atau story telling bersama Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah story telling.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital.

Project Literasi - Tantangan Hari Ke-8




Project :

Story Telling

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, aku akan melakukan kegiatan story telling dimana dengan menggunakan peraga (buku atau gambar) aku akan menceritakan hal yang berkaitan dengan peraga tersebut.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya. Bisa juga bersumber dari gambar yang dapat dijadikan bahan untuk bercerita.

Aktivitas Harian :

Hari ini, bercerita mengenai huruf A dari buku yang berjudul Let's Learn the Alphabet. Buku ini aku beli saat ada promo BBW beberapa waktu yang lalu. Memang, sudah sekitar 2 bulan terakhir ini anakku senang sekali menyebutkan huruf-huruf mulai dari huruf A sampai Z.


Aku menceritakan bagaimana bentuk huruf A, serta benda-benda apa saja yang diawali dengan huruf A baik benda dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Refleksi :

Selama di Jogja, Dipta tidak punya buku miliknya sendiri dan sebelum-sebelumnya membaca buku milikku atau adikku sewaktu kami kecil. Tentu saja dengan melihat buku "Let's Learn the Alphabet" ini dia senang sekali dan antusias saat aku ceritakan ulang dengan versiku sendiri apa yang ada di dalam buku tersebut.

Dipta juga sudah bersedia menyebutkan beberapa benda yang diawali dengan huruf A seperti apple, airplane, ants dan acorn untuk kata berbahasa Inggris. Ia juga menyebutkan kata air, Aa, anjing dan anggur untuk kata berbahasa Indonesia.

#Harike-8
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar