Aktivitas Ngabuburit Ramadan Bersama Anak

Aktivitas Ngabuburit Ramadan Bersama Anak

Di bulan Ramadan ini, entah mengapa saya  merasa lebih sibuk dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Alhamdulillah banget, sih, karena saya sudah bisa berpuasa dan beraktivitas normal tidak seperti saat saya harus terkulai lemas karena penyakit asam lambung dua tahun lalu.

Kesibukan saya selama Ramadan ini sebenarnya lebih ke menemani aktivitas harian anak, sebab dia hanya sekolah dari jam 08.00 - 10.00 WIB, 2 jam doang, frens! Sementara hari biasa, saya punya jeda waktu sekitar 4 jam sebelum anak saya kembali ke rumah.

Tentunya, saya ingin memberikan pengalaman belajar tentang Ramadan yang menyenangkan baginya. Dia belum ikutan puasa, sih, namun sedikit-sedikit paham apa itu puasa, sahur dan berbuka puasa.

Di sekolah pun, ia diajari untuk tidak membawa bekal baik makanan maupun minuman ke dalam kelas. Sepulangnya ke rumah, biasanya ia akan ribut minta buka puasa karena kelaparan, padahal jam 7 pagi sudah sarapan, yang ia sebut sahur. Wkwk.

Selain berpuasa, saya juga mengenalkan beberapa aktivitas lain seperti tarawih dan juga ngabuburit. Nah, PR banget nih untuk mencari aktivitas yang menarik sekaligus edukatif untuk anak di rumah saat ngabuburit.

Tau nggak frens kalau ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda yang berarti bermain sambil menunggu sore? Istilah ini sebenarnya berarti universal ya, nggak hanya berlaku di bulan Ramadan saja, tapi istilah ini lebih sering terdengar hanya selama bulan puasa.

Dalam artikel ini, saya akan coba share ya aktivitas ngabuburit Ramadan yang bisa dilakukan bersama anak. Lanjut yuk bacanya!

6 Aktivitas Ramadan Bersama Anak

aktivitas-ramadan

Sejujurnya, waktu menjelang sore hari itu bagi saya adalah waktu-waktu krusial, di mana energi sudah hampir habis, namun masih punya tugas untuk menyiapkan menu berbuka puasa. Belum lagi tetap harus membersamai bocah yang maunya main melulu.

Meski demikian, menjalankan aktivitas ngabuburit bersama anak merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan kenangan sekaligus memperdalam pemahaman anak-anak tentang makna Ramadan dan kebaikan yang terkandung di dalamnya. 

Berikut ini adalah 6 aktivitas ngabuburit yang bisa dilakukan bersama anak selama bulan Ramadan:

1. Mempersiapkan Menu Berbuka

Aktivitas ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama anak di rumah. Anak saya senang sekali jika dilibatkan dalam aktivitas di dapur, sesederhana mencuci beras untuk dimasak.

Biasanya, saya dengan sukarela memberikan ia job sehingga ia merasa dirinya lebih berguna karena bisa ikut membantu menyiapkan menu berbuka puasa. Contohnya saja, saya memintanya untuk memotong-motong buah, menuangkan sirup dan air untuk membuat sop buah; lainnya, saya melibatkannya dalam prioses pembuatan gorengan untuk hidangan berbuka.

Baca juga: 5 Takjil Ramadan Favorit dan Resepnya

Aktivitas ini tak hanya mengasyikkan tetapi juga dapat menjadi momen edukatif untuk mengajarkan anak tentang proses memasak serta menghargai hasil kerja keras.

2. Membaca Cerita Islami

Rutinitas lain yang saya lakukan saat ngabuburit adalah dengan membacakan buku cerita islami dengan metode read aloud untuk anak saya. Anak saya pun hafal, nih, kalau selama bulan puasa ibunya akan membacakan kisah-kisah nabi dan rasul secara berurutan.

Selain itu, ada pula buku-buku cerita yang menanamkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Cerita-cerita tersebut dapat memberikan anak pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai agama, moral, dan sejarah Islam dengan bahasa yang mudah mereka pahami.

3. Menggambar atau Mewarnai

Aktivitas menggambar atau mewarnai adalah cara yang baik untuk merangsang kreativitas anak. Menggambar atau mewarnai ini biasanya menjadi shortcut saya juga ketika dah bingung mau ngajakin anak main apa lagi.

Supaya kegiatan ini sarat akan momen Ramadan, saya menyiapkan gambar-gambar yang berkaitan dengan Ramadan, seperti gambar bulan sabit atau masjid, untuk diwarnai bersama. Aktivitas ini juga dapat menjadi kesempatan untuk ngobrol dan bercerita pada anak tentang bulan penuh berkah ini.

4. Tadarus Al Qur'an

Nggak bulan puasa pun sebenarnya saya selalu berusaha merutinkan kegiatan mengaji setelah sholat pada anak saya. Akan tetapi, di bulan suci ini saya lebih tekankan seberapa besar manfaat dan juga pahala membaca Al Qur'an.

Mungkin karena sudah terbiasa, jadi anak saya hayuk-hayuk aja setiap kali saya mengajaknya mengaji. Saya pun senang karena punya waktu juga untuk diri saya membaca Al Qur'an di tengah-tengah membersamai anak. Haha.

5. Jalan-jalan Sore

Jika bosan di rumah saja, sesekali saya mengajak anak untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks atau naik motor keliling-keliling. Kalau jalan-jalan agak jauh, biasanya nunggu suami pulang kerja dulu, karena jalanan pasti macet dan PR banget kalau mengendarai kendaraan sendiri. Hehe *males

Baca juga: Tips Menjaga Rutinitas Anak Selama Traveling

Kegiatan ini juga bisa mengenalkan anak pada budaya-budaya saat ngabuburit di Indonesia, lho. Anak-anak akan melihat betapa ramainya orang berjualan takjil dan menu-menu yang biasanya hanya muncul di bulan Ramadan.

Baca tentang: 5 Jajanan Khas Ramadan di Sukabumi

Mereka juga bisa melihat bahwa masyarakat sangat antusias menyambut buka puasa sehingga jalanan akan penuh dengan orang-orang yang hendak membeli takjil.

6. Membuat Kue Kering Bersama

Seumur-umur menjadi ibu, belum pernah sih saya membuat kue kering bersama anak di bulan Ramadan. Wkwk. Namun, momen membuat kue kering ini saya dapatkan saat kecil ketika ibu saya pernah mengajak anak-anaknya terlibat dalam kegiatan baking.

Bagi ibu-ibu yang hobi atau jago membuat kue, boleh sesekali ajak anak-anak untuk menghabiskan waktu sore harinya dengan baking bersama. Selain untuk mengisi waktu, siapa tau nih, ternyata anak kita punya bakat terpendam juga dalam hal ini. Seru deh!

Rajut Kenangan Manis di Bulan Penuh Berkah

Dalam suasana Ramadan yang penuh berkah ini, aktivitas ngabuburit bersama anak dapat memberikan momen-momen berharga yang tidak terlupakan bagi mereka. Di samping itu, momen ini juga bisa dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk mengisi tangki cinta mereka setelah kita sibuk dengan aktivitas domestik dan pribadi.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Ramadan

Setiap momen ngabuburit tidak hanya menjadi kesempatan untuk bersenang-senang, tetapi juga bisa diisi untuk belajar dan menanamkan nilai-nilai Ramadan yang penuh makna.

Jadi, aktivitas ngabuburit apa nih yang jadi favorit kalian bersama anak-anak?

Posting Komentar

0 Komentar