Skincare Rutin untuk Ramadan, Rahasia Kulit Sehat dan Bersinar di Bulan Suci

skincare-rutin-untuk-ramadan

Menjaga kesehatan kulit selama bulan Ramadan amat penting untuk kita lakukan, frens. Pasalnya, kulit cenderung lebih kurang terhidrasi, terutama di siang hari ketika kita tidak mengkonsumsi air putih seperti biasa. Jika tidak dirawat dengan baik, kulit wajah bisa kering, tampak kusam dan terlihat nggak se-glowing biasanya.

Di bulan Ramadan ini, tentunya terjadi perubahan dalam berbagai kebiasan sehari-hari, seperti makan, pola tidur dan rutinitas gharian lainnya yang sangat mungkin mempengaruhi kesehatan dan juga look dari kulit kita. Oleh karenanya, kita harus punya strategi penggunaan skincare untuk Ramadan agar kulit tetap sehat dan glowing.

Ciri-ciri Kulit yang Kurang Terhidrasi

Sepanjang bulan puasa ini, mungkin kulit wajah kita tidak nampak berubah secara signifikan. Akan tetapi, jika kalian mengalami beberapa ciri-ciri di bawah ini, artinya kulit sudah mulai kurang terhidrasi. Adapun ciri-ciri dari kulit yang kurang terhidrasi adalah sebagai berikut:

Berikut adalah tiga ciri utama kulit yang kurang terhidrasi:

Kering

Kulit yang kurang terhidrasi cenderung menjadi kering dan kasar. Hal ini terjadi karena kurangnya kadar air di lapisan atas kulit atau epidermis. Kulit yang kering sering terasa kaku dan dapat terlihat bersisik. Selain wajah, bagian yang mudah terlihat kering terutama pada area seperti siku, lutut, dan tumit.

Kusam

Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan kulit kehilangan kilau alaminya dan terlihat kusam. Kulit yang kurang terhidrasi cenderung tampak kusam, tidak sehat, dan kurang bercahaya. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar air dan minyak di kulit.

Tampak Garis-garis Halus dan Keriput

Jika saat bercermin kalian mulai melihat adanya fine lines yang biasanya tidak ada, nah bisa jadi ini disebabkan oleh kurangnya hidrasi dalam tubuh selama berpuasa. Kulit yang kurang terhidrasi memiliki kecenderungan untuk mengembangkan garis-garis halus dan keriput lebih awal.

Kekurangan hidrasi dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya dan mempercepat proses penuaan kulit. Garis-garis halus dan keriput menjadi lebih terlihat, terutama di area wajah seperti sekitar mata dan mulut.

Baca juga: Aroma Parfum yang Tepat untuk Berbagai Acara

Skincare untuk Ramadan Agar Kulit Sehat, Terhidrasi dan Kembali Glowing 

Untuk mengembalikan kilau alami kulit wajah kita yang mulai kusam selama bulan Ramadan, coba deh untuk rutin menggunakan basic skincare di bawah ini, termasuk di dalamnya menghidrasi secara alami dengan konsumsi air mineral sesuai kebutuhan tubuh:

skincare-rutin

1. Double Cleansing

Lakukan pembersihan kulit secara rutin setiap pagi dan malam menggunakan pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Hindari produk yang mengandung alkohol atau bahan kimia keras lainnya yang dapat mengeringkan kulit.

Bersihkan wajah secara lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa make-up tanpa merusak lapisan pelindung kulit. Lakukan double cleansing agar wajah benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa dan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan permasalahan kulit lainnya.

Baca tentang: Review Cleansing Foam dengan Kandungan Tea Tree

2. Hidrasi Kulit dengan Toner dan Pelembab

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan toner dan pelembap yang mengandung bahan-bahan yang menutrisi dan mengunci kelembapan. Pilih skincare yang kaya akan bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, atau ceramides untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. 

Usapkan toner dan oleskan pelembap secara merata ke seluruh wajah dan leher, dan ulangi saat diperlukan, terutama setelah tarawih atau sebelum tidur.

3. Serum

Menyertakan serum dalam rutinitas perawatan kulit sangat bermanfaat untuk memberikan tambahan nutrisi dan kelembapan. Pilih serum yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, vitamin E, atau niacinamide untuk meningkatkan kecerahan kulit dan merangsang produksi kolagen.

Teman-teman juga bisa menggunakan serum eksfoliasi dan retinol secara bergantian (jangan digunakan secara bersamaan), sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu sebagai bentuk skin cycle.

4. Sunscreen

Meskipun berpuasa, menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah tetap harus dilakukan, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan dehidrasi yang lebih parah.

Pilihlah tabir surya dengan SPF dan PA yang cukup tinggi dan formulasi ringan supaya tidak menyumbat pori-pori.

5. Konsumsi Air yang Cukup

Penting untuk tetap terhidrasi dari dalam dengan minum air yang cukup selama periode berpuasa. Pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. Kombinasikan konsumsi air putih saat sahur, berbuka dan makan malam.

Kurangi juga konsumsi minuman berkafein dan beralkohol, yang malah dapat menyebabkan dehidrasi. Pemenuhan kebutuhan cairan juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air serta vitamin.

Theraskin, Skincare Pilihan untuk Kembalikan Kulit Bersinar di Bulan Suci

Frens, basic skincare di atas tentunya harus didukung dengan penggunaan produk skincare yang benar-benar mengandung kandungan yang dibutuhkan dan aman bagi kulit wajah dong ya. Salah satu local product yang recommended untuk mengembalikan kilau alami kulit wajah selama Ramadan adalah Theraskin.

Produk ini merupakan brand pilihan para pakar dermatologi sejak tahun 2011, lho. Pengembangan produk-produk dari Theraskin juga dilakukan bersama dengan para dokter kulit menggunakan teknologi terkini.

Baca juga: 5 Manfaat Skincare untuk Ibu Rumah Tangga

Nah, Theraskin sendiri memberikan penggunanya banyak pilihan skincare yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Selain produk satuan, tersedia juga paket yang akan memberikan perawatan ekstra bagi masalah kulit kita seperti pori-pori besar, jerawat, kulit kering hingga tanda-tanda penuaan dini.

coba deh untuk rutin menggunakan basic skincare di bawah ini, termasuk di dalamnya menghidrasi secara alami dengan konsumsi air mineral sesuai kebutuhan tubuh:
Sumber: theraskin.co.id

Buat kita yang beragama Islam, pasti concern banget kan ya sama kehalalan produk skincare yang kita pakai. Theraskin sendiri, selain sudah mengantongi izin BPOM, juga sudah tersertifikasi Halal MUI dan hanya menggunakan bahan-bahan yang aman tentunya. Jadi tenang dan nggak khawatir ketika mengaplikasikan produk ini ke wajah. 

Berita baiknya lagi, harga dari produk-produk Theraskin ini nggak akan sampai menghabiskan uang THR kalian, karena sehemat itu!

Jadi, udah tau kan skincare rutin untuk Ramadan dan rahasia kulit sehat dan bersinar di bulan suci ini? Siap glowing di hari raya nih!

Posting Komentar

0 Komentar