Jumat, 15 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari ke-9


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-9 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari keenam sampai hari ke sepuluh nanti, aku akan rutin melakukan kegiatan bercerita atau story telling bersama Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah story telling.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital.

Project Literasi - Tantangan Hari Ke-9




Project :

Story Telling

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, aku akan melakukan kegiatan story telling dimana dengan menggunakan peraga (buku atau gambar) aku akan menceritakan hal yang berkaitan dengan peraga tersebut.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya. Bisa juga bersumber dari gambar yang dapat dijadikan bahan untuk bercerita.

Aktivitas Harian :

Hari ini, aku menceritakan tentang "gitar" pada anakku. Belakangan, selama di Jogja ini Dipta sangat tertarik dengan alat musik gitar yang ada di rumah. Terutama saat adikku memainkan gitar, maka Dipta akan memerhatikannya dengan seksama dan terlihat senang sekali. Akhirnya, aku berinisiatif untuk story telling megenai gitar pada hari ini.


Aku menjelaskan bagaimana bentuk gitar, apa warnanya, bahwa ada senar panjang yang terdapat pada badan gitar, ada lubang berbentuk bundar yang bisa menghasilkan suara pada gitar serta bagaimana cara memainkan gitar tersebut. Aku juga menjelaskan bahwa seorang yang memainkan gitar disebut dengan gitaris.

Refleksi :

Dipta tentu saja sangat bersemangat saat aku mengajaknya untuk bercerita tentang gitar. Ia dengan antusias memegang gitar yang ada di dalam kamar dan membawanya ke atas kasur untuk diberikan padaku. Ia juga sudah paham dan dapat menyebutkan lagi bagian-bagian dari gitar seperti senar, lubang yang terdapat pada badan gitar, dimana letak tangan harus diposisikan saat bermain gitar.

Dengan menyentuh secara langsung benda konkretnya, tentu anak akan lebih mudah memahami apa yang kita sampaikan.

#Harike-9
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar